Rabu, 23 Oktober 2013

Cara Melatih Mengandang (Crate Training)

Perlukah kandang untuk anjing kita?

Sebagian besar dari kita pasti ga tega ngandangin anjing kita.  Begini, jangan anggap kandang sebagai kurungan atau tempat hukuman.  Kenapa?  Karena kandang (istilah kerennya “Crate”) adalah merupakan tempat menyendiri (private area) dikala anjing merasa dunia luar ga nyaman  dan terlalu hiruk pikuk baginya. Karena kandang adalah tempat pribadinya maka kandang (yang nyaman) membuat ia merasa aman dan tenang.
Kandang juga membantu para pemilik anjing dikala membawanya bepergian agar aman selama perjalanan dan tidak mengganggu siapapun yg  menyetir mobil.
Kandang apa yang membuatnya nyaman?  Pilihlah kandang yang cukup besar untuk ukuran guguk anda.  Cukup untuknya untuk duduk, berdiri atau tiduran pada sisinya. Untuk membuat kandang menyenangkan dan nyaman taruh selimut atau matras empuk dan beberapa mainan favoritnya. 

Memperkenalkan kandangnya
Dalam memperkenalkan kandang kepada anjing untuk pertama kasinya, bujuklah dia dengan kata-kata lembut dan beri dia camilan (dog treats) kesukaannya, agar ia menurut masuk ke dalam kandangnya.  Pada permulaan perkenalan dan latihan, berdirilah atau duduklah dekat kandangnya dan jika dia sudah masuk, tetaplah diam disamping kandang agar ia merasa tidak diterlantarkan sendirian di kandang.  

Cara membuat anjing menurut dan betah di kandangnya :

Nah…langkah2 selanjutnya, adalah memperpendek waktu dalam menemaninya dan berangsur angsur meninggalkan dia dikandangnya sendiri dalam waktu yang agak lama.  (Jika ia ingin keluar mengikuti anda, jangan dilarang.  Ulangi langkah2 sebelunya di atas, sampai anjing anda percaya diri bahwa kandang bukan tempat kurungan baginya.

Ada beberapa aturan penting dalam mengandangkan anjing.  Kita sayang sama anjing kita dan begitupun sebaliknya.  Ga pernah terlintas bagi kita untuk membuatnya sedih bukan?  Jangan khawatir….teman sejati kita akan berterima kasih kok diberi kandang yang nyaman. Agar nyaman bagaimana caranya? Dibawah ini hal-hal yang perlu diperhatikan.
  1. Jangan mempergunakan kandang sebagai ruang isolasi atau tempat hukuman !
  2. Kandang harus bersih dan nyaman baginya.  Sesuaikan ukuran kandang dengan ukuran anjing anda.
  3. Jika anjingmu mau dibujuk untuk masuk ke dalam kandangnya, beri dia pujian (mis. “Good Dog” atau “Ah pintarnya Fido..! dll.”, dan beri ia hadiah dog treats kesukaannya (dengan demikian ia akan mengerti bahwa masuk kandang itu menyenangkan dan untuk kebaikannya).
  4. Sediakan air minum bersih dalam botol khusus yang dapat dijepit pada dinding kandangnya.
    Jangan biarkan dia menahan kencing atau pup lebih lama dari kemampuannya menahan pipis / pup. 

Penting !
  • Jika ia mengompol jangan dihukum! Bersihkan kotorannya segera sebersih mungkin dan gunakan zat penetralisir bau (odor neutralizer). 
  • Tempatkan kandang di tempat yang teduh dan sejuk. Jauhkan dari udara panas, asap kenalpot, tempat yang berdebu. 
  • Anjing sahabat kita tidak layak untuk di kurung dalam kandang lebih lama dari yang diperlukan.
  • Ingat…kurungan diperlukan semata untuk kenyamanan dan keselamatannya.  

Selamat melatihnya….




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar