Minggu, 16 Maret 2014

5 Upaya Agar Anjing Berumur Panjang


Siapapun ingin doggienya berumur panjang.  Berikut lima tips penting :

1. Berikan makanan yg berkualitas tinggi.
Hewan peliharaan yg diberi makanan sehat dan berkualitas memiliki bulu yg indah, kulit sehat, dan mata yg jernih berkilau.  Makanan sehat akan membantu menguatkan sistim imunitas, alat pencernaan, kecerdasan, menyehatkan otot2 dll.

2. Buatlah agar doggiesmu "langsing" tapi sehat kuat. Langsing bukan berarti kurus. Disini berarti ia tidak gemuk. Kegemukan atau kelebihan berat badan memberikan resiko berbagai macam penyakit seperti peny jantung, diabetes, peny sendi (rematik dll) dan masih banyak lagi.

3. Bawa anjingmu ke vet secara teratur. Ini penting sekali. Tidak hanya untuk diberikan vaksinasi saja, tapi pemeriksaan rutin dapat mendeteksi berbagai penyakit yg tdk disadari. 

4. Jaga kebersihan mulut anjing
Masalah umum yg dialami anjing adalah sakit gigi dan mulut. Ini dpt menyebabkan ia menderita dan sulit makan.  Jika dibiarkan akan berlanjut ke peny lainnya spt sakit jantung, ginjal dll.

5. Jangan biarkan anjingmu keluar rumah/halaman tanpa pengawasan.
Anjing memang suka jalan, tapi jika ia keluar tanpa penjagaan, banyak bahaya akan mengintai seperti ketabrak kendaraan, terpapar racun, virus dan penyakit lainnya.  Dan juga resiko hilang, diculik/dicuri orang.

Melakukan tips2 diatas, akan membuat sahabat setia kita sehat, bahagia dalam waktu yang panjang.

Diambil dari artikel "5 Ways to Help Your Pet Live Longer" oleh Lorie Huston, DVM petMD.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar