Minggu, 09 Maret 2014

Melatih Anjing Untuk Duduk (Sit Command) dan Merebah (Down Command)













Melatih anjing untuk duduk (Sit Command) dan merebah (Down Command) sangat dianjurkan. 
Manfaatnya al. :

1. Menenangkan anjing jika ia berlaku tdk sopan, nakal, mengganggu dll.
2. Sebagai dasar (basic) pelatihan selanjutnya
3. Membantu menghentikan dari kelakuan agresif dan masih banyak lagi.

Ini tips nya :

1. Berdiri menghadap gugukmu, mundur sedikit, pegang tali kekang dengan tangan kiri dan dog treat di tangan kananmu. Bersikap tenang dan buatlah ia tenang kemudian suruhlah dia datang pdmu sambil memperlihatkan dog treat nya.
2. Ketika si puppy mendekatimu, perlahan gerakkan tangan yg membawa dog treat keatas kepalanya. Anjingmu akan duduk untuk melihat makanan yg ada ditanganmu. Segera katakan "Sit" ketika ia menekukkan kaki belakangnya.
3. Lanjutkan latihan tsb diatas dengan posisi berdirimu di depan dan di sampingnya. Secara bertahap kurangi hadiah dog treats sampai perintah dengan kata-kata sudah cukup untuk dimengertinya.

Jangan lupa selalu memberikan kata pujian jika ia menuruti perintah dan berikanlah hadiah dengan treats kesukaannya.

Melatih untuk rebah (Lie Down)
1. Ketika anjingmu dalam posisi duduk segeralah bertimpuh pada sisi kanannya sambil memegang kalungnya dengan tangan kirimu.  Dog treats di tangan kananmu, di atas kepalanya kemudian turunkanlah perlahan ke depan hidungnya dan kelantai
2. Ketika hidungnya mengikuti dog treats tsb ke bawah, bawa treat ke depannya.  Sewaktu dia mulai merunduk, katakan "Down". Tapi jangan dulu diberikan hadiah treat kepadanya.
3. Bawa treats lebih jauh kedepan agar cukup ruang baginya untuk merebah ke lantai. Berikan sekarang hadiahnya sambil diberi kata2 pujian kepadanya (mis. "good boy/girl" ) dan diusap atau ditepuk.
4. Ulangi latihan2 tsb sampai si guguk mengerti dan menuruti perintah "Down" hanya dengan kata2 saja.

Tips lainnya jika doggie ga mau duduk atau merebah :

Jika doggie ga mau duduk walaupun ada iming2 hadiah, pegang kalungnya dengan satu tangan dan tekan bagian belakang tubuhnya dengan tangan yg lain hingga ia dalam posisi duduk. Ketika ia duduk, pujilah dia dan beri hadiah dog treats, sambil berkata "Good sit"


Jika doggie ga mau merebah, bersimpuhlah. Doggie di sisi kirimu, letakkan kaki2 depannya di telapak tanganmu, tegakkan dia perlahan seperti posisi meminta, kemudian perlahan letakkan dia dalam posisi merebah.  Katakan "Down" kemudian Pujilah dia dan beri hadiah.

Selamat melatih dan semoga bermanfaat. Woof!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar