Selasa, 07 Januari 2014

Benarkah Coklat Berbahaya Buat Anjing ?

Banyak orang berkata bahwa coklat bisa membunuh anjing.  Masuk akalkah? Kita, manusia makan coklat, kenapa anjing ga boleh?

Dalam banyak hal manusia dan anjing sangat berbeda.  Seperti misalnya, anjing bisa berjalan dan berlari di atas padang salju seharian dengan telanjang kaki, ga ada masalah.  Sedangkan kita, mana kuat jalan bertelanjang kaki diatas es dalam waktu 30 detik aja ?  Nah, memang banyak perbedaan2 antara anjing dan manusia lainnya.

Bagaimana dengan coklat?  Ternyata dalam coklat terdapat zat kimiawi yaitu teobromine, dan inilah sumber permasalahannya.  Teobromine serupa dengan kafein.  Menurut para ahli, teobromin dapat menyebabkan anjing keracunan jika dikonsumsi pada level 100-150 miligram per kg berat badan anjing.

Tentu saja jenis2 coklat yg ada berbeda kandungan teobromine-nya.  Perlu dicatat di sini bahwa permen coklat atau makanan yang mengandung coklat yang banyak di pasarkan di Indonesia diketahui hanya sedikit yang mengandung coklat murni, sementara hampir semua coklat yang dipasarkan dan diproduksi di negara barat mengandung coklat yang murni, bukan tiruan atau hanya perasa coklat dan pewarna. Mengapa demikian, tentu produsen atau distributor coklat di negara kita punya alasan tertentu.  Kalau kamu kasih anjingmu coklat import dari Swiss, Belanda, Belgia atau dari negara barat lainnya, yah waspadalah!

Kembali lagi ke masalah keracunan coklat sebenarnya bukan masalah yang aneh.  Pada manusia kafein dapat meracuni tubuh jika di konsumsi pada tingkat 150 mg per kg berat tubuh manusia.

Apa tanda2nya anjing teracuni oleh coklat ?  Keracunan coklat biasanya ditandai oleh muntah-muntah, diare dan hiperaktifitas.  Terkadang disertai denyutan jantung yang cepat yang dapat menyebabkan tegangnya otot2, beser, napas terengah-engah dan tidak tenang.

Nah.... kalau datang pertanyaan darimu "Oh kalau dikasih coklat sedikit aja boleh dong. Seberapa sih "sedikit" itu? Untuk menjawab pertanyaan itu, kita perlu tahu bahwa jika keadaan kesehatan anjingmu tidak fit lagi atau anjingmu sudah berumur, reaksi fisiknya terhadap sepotong atau dua potong coklat tidak sama dengan anjing yang kesehatannya prima dan masih muda. 

Kalau kamu ingin kasih doggiemu hadiah cemilan, kenapa musti coklat?  Lebih baik kasih dia Dog Treats yang khusus buat nya, selain yummie...sehat...bergizi...

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar