Jumat, 03 Januari 2014

Melatih Anjing Pipis/Pup (Toilet Training)














Kebanyakan doggies atau puppies yang baru kamu adopsi, tidak mengerti dimana mereka harus buang hajatnya setiba di rumah baru mereka.  Jadi melatih mereka pipis atau pup pada tempat yang sudah ditentukan (Toilet Training) adalah hal pertama yang harus kamu lakukan. 

Ada 2 metode Toilet Training pada puppy

1. Bertindak dengan cepat ketika ia memperlihatkan tanda-tanda / gerak-gerik "kebelet" (merasa ingin pipis).  Kalau doggie mu terlihat dalam posisi agak "jongkok" atau menekukkan dengkulnya kemungkinan besar pertanda ia mau kencing. Dan bila ia terlihat agak membungkukkan badannya, kemungkinan ia ingin buang air besar.  Pelajarilah dengan seksama tanda-tanda bahasa tubuhnya yang lain jika ia mau pipis atau pup. Nah jika kamu melihat tanda-tandanya segera angkat ia dan letakkan dia pada "toilet"nya (bisa dipekarangan atau tempat lainnya yang sudah kamu ditentukan).  Tempatnya harus konsisten ya, jangan
berubah-rubah, nanti dia bisa bingung.  Jika "kecelakaan" terlanjur terjadi dan kamu kehilangan momennya...jangan sekali-kali memarahi atau menghukumnya.  Dia belum mengetahui kesalahan yang dilakukannya.

2. Toilet Training dengan koran bekas.
Letakkan koran bekas menyebar di tempat dimana ia biasanya pipis (misalnya di sudut garasi).  Sedikit demi sedikit kurangilah koran yang dipakai dan terakir hanya selembar koran yang dipakai untuk pipisnya.  Nah...selanjutnya, jika ia sudah terbiasa dengan hal ini pindahkan /letakkan koran di luar rumah, misalnya di pekarangan, niscaya ia akan melakukan hajatnya di koran yang sudah dipindahkan ke tempat "toilet" yang sudah ditentukan itu.  Jangan lupa tempat buang hajat yang terdahulu dibersihkan total dengan menggunakan deodoran hingga bekas aroma kotorannya hilang sama sekali. 

Kamu dapat menggunakan kombinasi kedua metode di atas.  Latihlah anjingmu dengan penuh kesabaran dan konsisten.  Dan jangan lupa memberinya kata-kata pujian (mis. "Fido pintar pipis diluar" atau "good boy/girl"). Dan terakhir hadiahilah doggie mu dengan dog treats (camilan) kesukaannya setiap kali ia buang kotorannya di "WC" nya, bukan lagi di sembarangan tempat.  Menurut pengalamanku kedua metode toilet training di atas cukup efektif. Sudah aku buktikan ke doggie ku dan sekarang dia kalau pipis... tepat di parit pekarangan rumah. 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar